Apakah karunia-karunia rohani itu?
Karunia-karunia rohani merupakan perlengkapan khusus yang diberikan kepada setiap anggota agar digunakan untuk kemuliaan Allah dan untuk menyelamatkan jiwa-jiwa.
Siapa yang memberikan?
“Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan … Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.”(1 Korintus 12:4-11)
Selain itu, Dia memberikan kepada kita kesanggupan untuk menggunakan karunia-karunia rohani tersebut. (Kisah 1: 8)

Siapa yang menerimanya?
Setiap orang yang menerima perintah agung Injil sebagai seorang yang diberi mandat penginjilan perorangan dari Allah akan diperlengkapi oleh Roh untuk terlibat.
Petrus berkata bahwa setiap orang yang telah menerima paling tidak satu karunia rohani: “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang …” (1 Petrus 4:10)
Untuk apakah Allah memberikan karunia-karunia rohani itu?
Untuk mengabarkan Injil.
Mengenai pekerjaan gereja dalam penyelamatan jiwa, Tuhan tahu apa yang dibutuhkan di setiap tempat dan setiap waktu.
Dia memberikan karunia yang diperlukan oleh masing-masing kita, sehingga kita dapat menjadi bagian dari pekerjaan penginjilan dengan cara yang bermanfaat.

Karunia manakah yang Roh Kudus berikan?

Efesus 4:1 Roma 12:6-8 1 Korintus 12:7-10 1 Korintus 12:28
Rasul-rasul Melayani Hikmat Rasul
Nabi-Nabi Menasihati Bernubuat Nabi
Nabi-nabi Mengajar Iman Pengajar
Pengajar-Pengajar Menyumbang Menyembuhkan Menyembuhkan
Gembala-Gembala Memimpin Mengadakan Mujizat Mujizat
Penginjil-Penginjil kemurahan Pengetahuan Melayani
Mebedakan berbagai Roh Memimpin
Berbagai bahasa Berbagai bahasa
 Menafsirkan Bahasa

Daftar Paulus tentang karunia-karunia rohani bukanlah daftar  yang tertutup. Tidak diragukan lagi ada banyak karunia-karunia yang belum tercantum disitu. Karunia-karunia apakah yang akan anda tambahkan kedalam daftar tersebut?

Semua karunia-karunia itu sangat penting untuk misi Gereja.

Roh Kudus membagikankarunia-karunia  “kepadatiap-tiaporangsecarakhusus, seperti yang dikehendaki-Nya.”(1 Korintus 12:11)           

Karunia-karunia apakah yang Dia telah berikan kepada saya?
“Semua manusia tidak menerima karunia-karuniayang sama, tetapi untuk setiap hamba Allah beberapa karunia Roh dijanjikanbagimereka”
Dapat kah saya mengenali karunia-karuniarohani yang Dia telahberikan kepada saudara-saudara saya?
“Kembalilah dari kemuluk-mulukan kerohanian mu dan praktekanlah kasih karunia kerendahan hati. Singkirkan setiap prasangka jahat dan bersedialah untuk melihat nilai dari karunia-karunia yang Allah telah diberikan pada saudara-saudaramu”  E.G.W. (Evangelism, cp. 5, “Unity in diversity”, pg. 102)

Manakah yang merupakan hasil dari TIDAK menggunakan karunia-karuniasaya?
“Tetapi mereka yang egois menggunakan karunia-karunia Allah pada diri mereka sendiri, membiarkan kebutuhan sesama mereka tanpa pertolongan dan tidak melakukan apa-apa untuk memajukan pekerjaan Tuhan di dunia, tidak menghormati Sang Pencipta mereka. Merampok Allah telah tertulis di depan nama-nama mereka di dalam buku-buku surga.” E.G.W. (Christ’s object lessons, cp. 21, pg. 266)

Manakah yang merupakanhasildarimenggunakankarunia-karuniasaya?

 Pada tingkatan pribadi
“Allah mengharapkan setiap orang menggunakan karunia-Nya dengan cara yang akan memberinya sebuah peningkatan pengetahuan tentang Allah, dan akan memungkinkan dia untuk membuat kemajuan, untu kmenjadi lebih dan lebih halus, dimuliakan dan dimurnikan.”  E.G.W. (This day with God, May 8)
Pada tingkatan kolektif
“Untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semuatelah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentangAnak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,” (Efesus 4:12-13)

Masing-masing dari kita harus mengenali karunia rohani kitadan bagaimana kitadapat menggunakannya dalam pekerjaan Gereja.

Gereja bergantung pada karunia-karunia rohani dari setiap anggota, sama seperti setiap anggota bergantung pada Roh Kudus untuk menggunakan karunia-karunia dalam pekerjaan penginjilan dan bersaksi.

Karena itu, kita harus dengan murah hati menggunakan karunia-karunia kita untuk membangun tubuh Kristus.

“Demikian pula dengan kamu: Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat.”(1 Korintus 14:12)