“Dan aku akan memberi tugas kepada DUA SAKSIKU, SUPAYA MEREKA BERNUBUAT SAMBIL BERKABUNG, SERIBU DUA RATUS ENAM PULUH HARI LAMANYA. Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam” ( Wahyu 11:3,4 )

Identitas kedua saksi adalah isu paling hangat di dalam Kitab Wahyu. Tetapi, siapun mereka, satu hal sudah jelas. Mereka mewakili pekabaran Injil, pekabaran yang Allah rencanakan agar tersebar di seluruh dunia sebelum tiba kesudahannya (Mat. 24:14; Why 11:11, 12; 14:6,7). Yohanes menggambarkan kedua saksi Allah berdiri sendiri, menentang pelanggaran-pelanggaran di zaman mereka dan mewakili Allah menghadapi perlawanan besar.

Kita pun kadang mendapati diri kita berdiri sendirian bagi Allah. Saat-saat seperti itu tidaklah menyenangkan. Kebanyakan kita lebih memilih untuk menjadi bagian dari orang banyak yang berpandangan sama dan hidup sebagaimana kita hidup. Namun pada masa-masa sukar, agaknya tidak demikian halnya. Kabar baiknya adalah, saat kita melakukan pemuridan bagi Yesus, pengaruh kita akan makin berlipat ganda dan menolong orang-orang lain agar menerima Dia dengan mengabaikan kesukaran yang mungkin dihadapi saat kita mengikut Kristus di dunia ini.

Di tahun 1870 seorang Hindia Chuchra bernama Charles Ditt masuk Kristen. Kelompok Chuchra, sebuah subkelompok di kalangan mereka yang “tak tersentuh’ di India, adalah bagian kasta paling rendah di kalangan orang-orang Hindu. Charles Ditt menambahkan pada kasta rendahnya, stigma sosial Kekristenan. Banyak rakyat India menganggap mereka yang masuk Kristen sebagai penghianat bangsa. Ditt menghadapi banyak penganiayaan saat mengabarkan Yesus dari desa ke desa. Namun, dalam kurun waktu 11 tahun, lebih dari 500 kaum Chuchra masuk Kristen sebagai buah pelayanannya. Pada tahun 1900, lebih dari setengah kastanya telah masuk Kristen, dan tahun 1915 semuanya, kecuali segelintir anggota kasta itu, telah menyatakan iman Kristen mereka. Tentunya Ditt tidak sendirian dalam hubungannya dengan Kristus.

Di dunia saat ini, Allah memanggil kita semua menjadi saksi bagi Yesus kristus. Tiga dari empat orang di dunia ini tidak meyakini Kristus sebagai Juruselamat pribadi mereka, dan setengah penduduk di dunia ini masih belum mendengar tentang Dia. Walaupun secara perorangan hanya sedikit yang bisa kita lakukan, kita bisa menjangkau satu atau dua orang terdekat dengan kita. Sebagaimana Charles Ditt seorang bertalenta yang di pakai Tuhan untuk menjangkau banyak orang bagi Kristus. Pekerjaan Allah akan rampung di bawah pengawasan-Nya dan menurut waktu-Nya. Peran kita secara pribadi adalah merasakan tuntunan-Nya dan panggilan-Nya setiap hari.

Tuhan, pimpin aku kepada seseorang yang membutuhkan Engkau, atau pimpin mereka kepadaku hari ini. Tolong aku agar cepat mengenali orang tersebut saat dia muncul.