Anda bisa yakin masa damai itu akan terjadi suatu hari nanti – masa 1000 tahun yang menakjubkan yang akan dimulai pada waktu kedatangan Juruselamat yang kedua kali. Iblis tidak mau Anda mengetahui hal ini – masa dipenjaranya selama 1000 tahun – sebab hal itu akan mengekspos sifat-sifatnya yang asli. Malah, Setan telah membuat sebuah ajaran palsu tentang masa 1000 tahun untuk menjerat Anda! Pelajaran ini sangat menakjubkan sehingga akan mengguncang segala sesuatu yang Anda anggap benar! Sekarang Anda sedang memegang kunci Fakta Yang Mengagumkan dari Alkitab tentang masa 1000 tahun yang akan segera datang.

1. Peristiwa apa yang mengawali masa 1000 tahun (Milenium) ini?

“dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja… untuk masa seribu tahun.” (Wahyu 20:4, bagian akhir).

Jawab: Sebuah peristiwa kebangkitan mengawali masa 1000 tahun. .

surg3

2. Apa nama kebangkitan ini? Siapa yang akan dibangkitkan pada peristiwa ini?

“… Inilah kebangkitan pertama. Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu…” (Wahyu 20:5, 6).

Jawab: Peristiwa ini disebut Kebangkitan Pertama. Hanya orang-orang benar – “bahagia dan kudus” – dari segala zaman – yang akan dibangkitkan pada Kebangkitan Pertama.

ye4

Keterangan Gambar :

Masa 1000 tahun diawali pada waktu kebangkitan orang benar di akhir zaman.

3. Alkitab mengatakan bahwa ada dua peristiwa kebangkitan. Kapan kebangkitan kedua, dan siapa yang akan dibangkitkan pada kebangkitan yang kedua?

“Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu…” (Wahyu 20:5).

“… semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya, dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.” (Yohanes 5:28, 29).

Jawab: Kebangkitan Kedua terjadi pada akhir masa 1000 tahun. Orang berdosa akan dibangkitkan pada kebangkitan ini. Disebut juga Kebangkitan untuk dihukum.

Perhatikan: Kebangkitan orang benar mengawali masa 1000 tahun. Kebangkitan orang berdosa mengakhiri masa 1000 tahun.

1000

Keterangan Gambar :

Masa 1000 tahun berakhir pada waktu kebangkitan orang berdosa.

4. Apa peristiwa besar lainnya yang terjadi di awal masa 1000 tahun?

“Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia…” (Wahyu 1:7).

“Tuhan sendiri akan turun… dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa.” (1 Tesalonika 4:16, 17).

“… dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu… Dan semua pulau hilang lenyap, dan tidak ditemukan lagi gunung-gunung. Dan hujan batu* besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia.” (Wahyu 16:18, 20, 21).

(Lihat juga Yeremia 4:23-26; Yesaya 24:1, 3, 19, 20; Yesaya 2:21.)

Jawab: Peristiwa-peristiwa besar lain yang terjadi pada awal masa 1000 tahun adalah gempa bumi dan hujan meteor terbesar dalam sejarah akan menghantam bumi; Juruselamat datang dalam awan-awan menjemput umat-Nya, dan semua umat tebusan akan diangkat ke angkasa untuk bertemu Dia.

datg

Keterangan Gambar :

Gempa bumi dan hujan meteor besar akan menghantam bumi pada saat kedatangan Juruselamat di hari kiamat. Pada saat itu orang benar dari segala zaman akan bangkit untuk menyongsong Dia di angkasa.

5. Apa yang terjadi pada orang berdosa – hidup dan mati – pada saat itu?

“dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.” (Yesaya 11:4).

“…pada waktu Tuhan Yesus … menyatakan diri-Nya bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya, dalam kuasa-Nya, di dalam api yang bernyala-nyala, dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal … Tuhan kita.” (2 Tesalonika 1:7, 8).

“…seperti lilin meleleh di depan api, demikianlah orang-orang fasik binasa.” (Mazmur 68:2).

“Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu.” (Wahyu 20:5).

Jawab: Orang berdosa yang masih hidup akan terbunuh oleh sinar kemuliaan-Nya pada waktu Dia datang untuk kali yang kedua. Bila sinar kemuliaan semua malaikat, dan kemuliaan Sang Bapa dan Sang Anak digabung, orang-orang berdosa akan mati bagai terbakar api. Orang-orang berdosa yang sudah mati saat itu akan tetap di dalam kubur sampai akhir 1000 tahun.

ap

Keterangan Gambar :

Orang berdosa yang masih hidup akan terbunuh oleh sinar kemuliaan Tuhan.

6. Banyak orang yang percaya bahwa orang berdosa akan punya kesempatan untuk bertobat selama masa 1000 tahun. Apa kata Alkitab?

“Maka pada hari itu akan bergelimpangan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN dari ujung bumi sampai ke ujung bumi. Mereka tidak akan diratapi, tidak akan dikumpulkan dan tidak akan dikuburkan; mereka akan menjadi pupuk di ladang.” (Yeremia 25:33).

“Aku melihat, ternyata tidak ada manusia.” (Yeremia 4:25).

Jawab: Tidak mungkin ada orang bertobat selama masa 1000 tahun karena tak ada orang yang masih hidup di bumi. Orang benar berada di Kota Yerusalem Baru di angkasa luar. Semua orang jahat akan bergelimpangan mati di atas permukaan bumi. Wahyu 22:11, 12 menegaskan bahwa semua kasus kehidupan manusia sudah ditutup sebelum kedatangan kedua kali. Orang-orang yang menunda-nunda pertobatan saat ini, dan baru mau bertobat pada awal masa 1000 tahun, akan terlambat.

ana

Keterangan Gambar :

Orang benar berada di Kota Yerusalem Baru di angkasa luar bersama Tuhan selama masa 1000 tahun

mayat

Keterangan Gambar :

Orang berdosa bergelimpangan di bumi dalam keadaan mati selama masa 1000 tahun.

7. Alkitab mengatakan bahwa Iblis akan diikat dalam jurang maut selama 1000 tahun. Apa artinya?

“Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut …; ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, … sebelum berakhir masa seribu tahun itu;” (Wahyu 20:1-3).

Jawab: Kata yang diterjemahkan “jurang maut” ini berasal dari bahasa Yunani “abussos” atau “abyss” dalam bahasa Inggris, artinya “kehampaan” atau “kekosongan.” Sama sekali tidak berupa jurang atau liang. Kata yang sama juga digunakan di Kejadian 1:2 Alkitab Bahasa Yunani yang menggambarkan bumi sebelum diciptakan Tuhan, tapi diterjemahkan menjadi “belum berbentuk dan kosong.” Kata “abussos”.dalam dua ayat ini berarti sama: bumi dalam keadaan gelap, kacau-balau, sebelum dirancang oleh Tuhan supaya indah.

teng
Keterangan Gambar :

Bumi, dalam keadaan hancur, tanpa sinar lampu, disebut “jurang maut”, di mana Setan akan terpaksa tinggal selama masa 1000 tahun.

Yeremia, dalam menggambarkan bumi selama masa 1000 tahun, menggunakan istilah yang serupa dengan di Kejadian 1:2: “campur baur dan kosong,” “tidak ada terangnya,” “tidak ada manusia,” gelap.” Yeremia 4:23, 25, 28. Jadi bumi yang hancur, gelap, tanpa manusia yang masih hidup akan disebut tempat hampa, selama masa 1000 sama seperti waktu belum dirancang oleh Tuhan pada Pekan Penciptaan. Yesaya 24:22 juga membicarakan tentang Setan dan malaikat-malaikat jahat selama masa 1000 tahun dengan sebutan “liang” dan ” dimasukkan dalam penjara.”

8. Rantai apa yang mengikat Setan? Kenapa dia diikat?

“… seorang malaikat … memegang … suatu rantai besar di tangannya; ia menangkap Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu.” (Wahyu 20:1-3).

Jawab: Rantai itu bermakna simbolis – bukan rantai sungguhan. Makhluk spiritual tidak bisa diikat dengan rantai jasmaniah. Setan “diikat” sebab tidak ada orang yang bisa ditipu dan dijeratnya. Orang jahat sudah mati semua dan orang benar sudah hidup di kota Yerusalem Baru sangat tinggi angkasa luar sana.Tuhan mengikat Setan di bumi supaya dia tidak bisa berkelana ke seluruh alam semesta untuk menemukan makhluk yang bisa ditipunya (Wahyu 12:9).Memaksa Iblis tetap tinggal di bumi, hanya dengan malaikat-malaikat jahat bawahannya selama 1000 tahun tanpa ada manusia yang bisa dijerat, baginya merupakan rantai yang paling kokoh di alam semesta.

Ringkasan peristiwa-peristiwa yang terjadi

pada awal masa 1000 tahun:

1. Gempa bumi besar dan hujan meteor (Wahyu 16:18-21; 6:14-17).

2. Kedatangan Juruselamat menjemput umat-Nya (Matius 24:30, 31).

3. Orang benar dibangkitkan (1 Tesalonika 4:16, 17).

4. Orang benar diberi kebakaan (1 Korintus 15:51-55).

5. Orang benar diberi tubuh jasmani sempurna seperti Juruselamat (1 Yohanes 3:2; Filipi 3:21).

6. Semua orang benar diangkat ke awan-awan (1 Tesalonika 4:16, 17).

7. Orang berdosa yang masih hidup mati oleh sinar kemuliaan Tuhan / “nafas mulut-Nya” (Yesaya 11:4).

8. Orang jahat di dalam kubur tetap mati sampai akhir masa 1000 tahun (Wahyu 20:5).

9. Juruselamat membawa semua orang benar ke angkasa (Yohanes 13:33, 36; 14:1-3).

10. Setan diikat (Wahyu 20:1-3)

9. Wahyu 20:4 mengatakan akan ada penghakiman selama masa 1000 tahun. Untuk apa? Siapa yang ikut serta dalam proses pengadilan itu?

“Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi… dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja … untuk masa seribu tahun.” (Wahyu 20:4).

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia? … Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat?” (1 Korintus 6:2, 3).

Jawab: Orang benar dari segala zaman (dan mungkin malaikat-malaikat suci juga) akan ikut ambil bagian dalam penghakiman selama masa 1000 tahun. Riwayat hidup semua orang berdosa, termasuk Setan dan malaikat-malaikat jahat, akan dibuka dan dibahas. Penghakiman ini akan menunjukkan dengan jelas kepada orang benar kenapa orang-orang berdosa itu tidak selamat. Pada akhirnya, semua orang akan melihat bahwa orang-orang yang tidak selamat itu disebabkan semata-mata karena mereka tidak mau hidup seperti Juruselamat atau tidak mau tinggal bersama-Nya.

Ringkasan peristiwa-peristiwa yang terjadi

selama masa 1000 tahun:

1. Bumi dalam keadaan hancur akibat gempa bumi dan hujan meteor (Wahyu 16:18-21; 6:14-17).

2. Bumi dalam keadaan kacau-balau, gelap-gulita tanpa listrik (Yeremia 4:23, 28).

3. Setan dan malaikat-malaikatnya terpaksa tinggal di bumi / terikat (Wahyu 20:1-3).

4. Orang benar tinggal di dalam kota Yerusalem Baru dan ikut berperan dalam proses penghakiman (Wahyu 20:4).

5. Orang jahat sudah mati semua (Yeremia 4:25; Yesaya 11:4).

mal

Keterangan Gambar :

Selama masa 1000 tahun, semua umat Tuhan akan ikut ambil bagian dalam Penghakiman.

Selama masa 1000 tahun, semua orang yang pernah hidup di bumi ini akan berada di salah satu dari dua tempat ini:

1) di bumi, mati dan binasa, atau

2) di Kota Yerusalem Baru, hidup, ikut ambil bagian dalam Penghakiman.

Tuhan mengundang Anda agar berada di Kota Yerusalem Baru. Terimalah undangan-Nya.

10. Pada akhir 1000 tahun, kota yang kudus itu, Yerusalem Baru, akan turun ke bumi ini. Siapa yang ada di dalamnya? Di mana kota itu akan mendarat?

“Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun… Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, … Ia akan diam bersama-sama dengan mereka…” (Wahyu 21:2, 3).

“Sesungguhnya, akan datang hari yang ditetapkan TUHAN, … Pada waktu itu kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah dua… Lalu TUHAN, … akan datang, dan semua orang kudus bersama-sama Dia… Seluruh negeri ini akan berubah menjadi seperti Araba-Yordan, dari Geba sampai ke Rimon di sebelah selatan Yerusalem…” (Zakharia 4:1, 4, 5, 10).

Jawab: Kota Yerusalem Baru akan mendarat di tempat Bukit Zaitun sekarang ini. Bukit itu akan terbelah agar di tengahnya timbul dataran luas, di mana kota itu akan mendarat. Semua umat Tuhan dari segala zaman (Zakharia 14:5),malaikat (Matius 25:31), dan Tuhan Sang Bapa (Wahyu 21:22, 23) dan Tuhan sang Anak (Matius 25:31) akan turun ke bumi di dalam kota yang kudus itu. Inilah kedatangan Yesus yang ketiga. Yang kedua untuk menjemput umat-Nya, yang ketiga bersama umat-Nya.

ker

Keterangan Gambar :

Kota yang kudus itu, bersama semua umat Tuhan, akan turun ke bumi pada akhir masa 1000 tahun.

Kedatangan Yesus ke bumi ini ada tiga kali:

1. Yang pertama, di Betlehem, di palungan.

bayi y

2. Yang kedua, di awan-awan, pada awal masa 1000 tahun untuk menjemput umat-Nya.

dtg

3. Yang ketiga, di dalam kota Yerusalem Baru bersama umat-Nya pada akhir masa 1000 tahun.

ker

11. Apa yang akan terjadi pada orang berdosa pada saat ini? Apa pengaruhnya pada Iblis?

“Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu… Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa…” (Wahyu 20:5, 7, 8).

Jawab: Pada akhir 1000 tahun (sebelum kota Yerusalem Baru turun ke bumi) orang berdosa akan dibangkitkan. Setan, lepas dari ikatannya, akan memiliki orang-orang yang memenuhi bumi (semua bangsa) untuk dijerat.

12. Lalu apa yang akan dilakukan Iblis?

“Iblis akan … pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, … dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut. Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan … orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu.” (Wahyu 20:7-9).

Jawab: Iblis, sesuai sifatnya, akan segera menjerat orang-orang di seluruh bumi. Barangkali dia akan mengaku-ngaku kota itu miliknya, dan dia diusir secara tidak adil dari kerajaan itu, dan bahwa Tuhan itu diktator yang kejam, siap untuk menghabisi mereka dari atas bumi dengan api yang besar. Dia akan meyakinkan mereka, bahwa kalau mereka bersatu, Tuhan akan kalah. Dengan seluruh dunia melawan satu kota, kemenangan mereka sepertinya pasti. Bangsa-bangsa lalu akan bersatu dan mengatur pasukan mereka mengepung kota Yerusalem Baru.

pera

Keterangan Gambar :

Sesudah kota yang kudus itu turun, orang-orang berdosa

dari segala zaman – bersama Iblis sebagai pemimpin mereka – akan mencoba untuk

menyerang kota itu.

13. Apa yang akan menghalangi rencana Iblis merebut / menghancurkan kota itu?

“dari langit turunlah api menghanguskan mereka, dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang… (Wahyu 20:14).

“Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api… inilah kematian yang kedua..” (Wahyu 20:9, 10; 21:8).

“Kamu akan menginjak-injak orang-orang fasik, sebab mereka akan menjadi abu di bawah telapak kakimu, pada hari yang Kusiapkan itu, firman TUHAN semesta alam.” (Maleakhi 4:3).

Jawab: Api akan mendadak turun dari langit (bukan dari neraka) ke atas orang berdosa dan akan membakar mereka sampai jadi abu, temasuk Iblis dan malaikat-malaikat jahat. Api yang menghabisi dosa dan orang berdosa ini disebut kematian yang kedua. Tak ada kebangkitan lagi dari kematian yang kedua. Sudah final. Perhatikan bahwa Setan tidak akan mengawasi pembakaran itu seperti sipir atau mandor, seperti yang dipercaya banyak orang. Setan akan dibakar juga di dalamnya, dan api itu akan memusnahkannya.

ki

Keterangan Gambar :

Waktu orang berdosa dari segala zaman mengepung kota yang kudus itu, Tuhan akan menghabisi mereka dengan api yang turun dari langit.

14. Waktu orang berdosa sudah habis terbakar dan api itu sudah mati, peristiwa hebat apa yang akan terjadi sesudahnya?

“Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru;” (Yesaya 65:17).

“kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.” (2 Petrus 3:13). “Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” (Wahyu 21:5).

Jawab: Tuhan akan menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru, dan kota Yerusalem Baru akan menjadi ibukota bumi yang diperbarui itu. Dosa dan kecemarannya akan lenyap selamanya. Umat Tuhan akhirnya akan menerima kerajaan yang dijanjikan kepada mereka. “… kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.” (Yesaya 35:10).Terlalu menakjubkan untuk digambarkan! Terlalu agung untuk lolos dari tangan kita! Terlalu pasti untuk diragukan! Tuhan memiliki sebuah tempat yang disediakan bagi Anda (Yohanes 14:1-3). Rencanakan untuk tinggal di situ! Tuhan menunggu Anda menyerahkan hati Anda..

surg4

Keterangan Gambar :

Sesudah api itu padam, Tuhan akan menciptakan bumi yang baru dan menakjubkan, dengan kota yang kudus itu sebagai ibukotanya, dan memberikannya kepada umat-Nya. Putuskan saat ini juga untuk berada di sana.

Ringkasan peristiwa-peristiwa yang terjadi

pada akhir masa 1000 tahun:

1. Kedatangan Yesus yang ketiga bersama umat-Nya (Zakharia 14:5).

2. Kota yang kudus itu mendarat di atas Bukit Zaitun, yang menjadi dataran luas (Zakharia 14:4, 10).

3. Bapa, semua malaikat suci, dan semua manusia umat Tuhan akan datang bersama Yesus (Wahyu 21:1-3; Matius 25:31, Zakharia 14:5).

4. Orang jahat dibangkitkan; Setan dibebaskan (Wahyu 20:5, 7).

5. Setan menjerat orang berdosa dari seluruh dunia (Wahyu 20:8).

6. Orang berdosa mengepung kota yang kudus itu (Wahyu 20:9).

7. Orang berdosa dimusnahkan oleh api dari langit (Wahyu 20:9).

8. Langit yang baru dan bumi yang baru diciptakan (Yesaya 65:17; 2 Petrus 3:13; Wahyu 21:1).

9. Umat Tuhan menikmati keabadian di bumi yang baru (Wahyu 21:2-4).

MASA 1000 TAHUN WAHYU 20

Peristiwa-peristiwa yang terjadi

selama masa 1000 tahun:

1. Bumi hancur, kosong, dan gelap.

2. Orang berdosa sudah mati semua di bumi.

3. Setan diikat di bumi ini.

4. Orang benar melakukan proses Penghakiman di dalam Kota Yerusalem Baru di angkasa luar.

KEBANGKITAN PERTAMA

Di awal masa 1000 tahun

1. Gempa bumi dan hujan meteor.

2. Kedatangan Juruselamat menjemput orang benar.

3. Orang benar dibangkitkan.

4. Orang benar diberi kebakaan.

5. Orang benar diberi tubuh jasmani sempurna seperti Juruselamat.

6. Semua orang benar diangkat ke awan-awan.

7. Orang berdosa yang masih hidup mati oleh sinar kemuliaan Tuhan.

8. Orang berdosa di dalam kubur tetap mati.

9. Juruselamat membawa semua orang benar ke angkasa.

10. Setan diikat.

KEBANGKITAN KEDUA

Di akhir masa 1000 tahun:

1. Kedatangan Yesus yang ketiga bersama orang benar.

2. Kota yang kudus itu mendarat di atas Bukit Zaitun, yang menjadi dataran luas.

3. Bapa, malaikat suci, dan semua orang benar datang bersama Yesus.

4. Orang jahat bangkit; Setan bebas.

5. Setan menjerat seluruh dunia. Mereka mengepung kota yang kudus itu.

6. Orang berdosa terbakar.

7. Langit yang baru dan bumi yang baru diciptakan.

8. Umat Tuhan menikmati keabadian di bumi yang baru.

15. Bisakah kita tahu seberapa segera kedatangan Juruselamat menjemput umat-Nya?

“Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.” (Matius 24:33).

“Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.” (Lukas 21:28).

“Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera.” (Roma 9:28).

“Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman – maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan.” (1 Tesalonika 5:3).

Jawab: Bila tanda-tanda kedatangan-Nya sedang terjadi dengan cepat, seperti zaman sekarang ini, kita harus bersukacita dan tahu bahwa kedatangan-Nya sudah dekat – sudah di ambang pintu. Dan Rasul Paulus berkata kita bisa tahu hari kiamat sudah dekat bila terjadi gerakan kedamaian dunia dan persatuan dunia. Akhirnya, Alkitab mengatakan bahwa Tuhan akan mempercepat waktunya (Matius 24:22). Jadi, jelaslah, kita sedang hidup di waktu tambahan yang “dipinjamkan Tuhan”. Tuhan akan datang mendadak dan tanpa diduga-duga – pada jam yang tak diketahui seorang pun, tapi hanya Bapa saja (Matius 24:36; Kisah Para Rasul 1:7). Satu-satunya jaminan kita akan selamat adalah dengan bersedia sekarang juga.

16. Apakah Anda berencana tinggal di rumah yang menakjubkan – dibuat khusus oleh Tuhan untuk Anda pribadi?

Respon Anda :

Ya:

Tidak:

PERTANYAAN LAIN

Pertanyaan-pertanyaan yang masih belum terjawab dari pembahasan di atas,

akan kami jawab berikut ini:

1. Berapa lama waktu sejak kedatangan kota yang kudus sampai orang jahat dimusnahkan oleh api dari langit? (Wahyu 20:3).

Alkitab mengatakan “untuk sedikit waktu lamanya” (Wahyu 20:3). Setan perlu cukup waktu untuk meyakinkan orang-orang berdosa untuk mengikuti rencananya dan mempersiapkan senjata-senjata perang. Lama waktu persisnya tidak diberitahu di dalam Alkitab.

2. Tubuh seperti apa yang akan dimiliki manusia di kerajaan Tuhan? (Filipi 3:21).

Alkitab mengatakan bahwa umat tebusan akan punya tubuh seperti milik Yesus (Filipi 3:21). Yesus punya tubuh jasmani sungguhan yang terdiri atas daging dan tulang sesudah kebangkitan-Nya (Lukas 24:36-43), bisa dilihat, padat, bisa disentuh oleh Tomas (Yohanes 20:25-30). Umat tebusan tidak akan seperti hantu. Mereka akan menjadi manusia sungguhan dengan tubuh jasmani, seperti Adam dan Hawa.

3. Apakah Alkitab mengatakan bagaimana reaksi orang berdosa pada hari kiamat? (Wahyu 6:17).

Ya. Alkitab mengatakan mereka akan berkata kepada gunung-gunung dan kepada batu-batu karang itu: “Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia, yang duduk di atas takhta dan terhadap murka Anak Domba itu. Sebab sudah tiba hari besar murka mereka dan siapakah yang dapat bertahan?” (Wahyu 6:16, 17). (Lihat juga ayat 14 dan 15.) Orang benar, di pihak lain, akan berkata, “Inilah TUHAN yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita oleh karena keselamatan yang diadakan-Nya!” (Yesaya 25:9).

.

4. Bila kota yang kudus itu turun, apakah orang berdosa akan sanggup melihat umat tebusan di dalam kota? (Wahyu 21:18).

Bisa. Alkitab mengatakan tembok dan jalan dan dasar kota itu terbuat dari permata dan emas yang transparan – bagaikan kaca bening, jernih seperti kristal (Wahyu 21:11, 18, 21). Umat Tuhan akan bisa melihat orang berdosa (Mazmur 37:34), dan orang berdosa bisa melihat umat Tuhan (Lukas 13:28). Ini berarti reuni yang sangat sedih akan terjadi di tembok kota itu, di mana orang-orang benar dari satu keluarga ada di dalam dan orang-orang berdosa ada di luar. Kesedihan dan trauma yang timbul terlalu besar untuk bisa diungkapkan dengan kata-kata manusia.

5. Alkitab mengatakan Tuhan akan menghapus segala air mata dari mata mereka dan tidak akan ada lagi maut, perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita. Kapan ini akan terjadi? (Wahyu 21:4).

Dari Wahyu 21:1-4 dan Yesaya 65:17, hal itu akan terjadi sesudah dosa dan orang berdosa dilenyapkan. Selama api itu menyala, umat Tuhan akan punya banyak alasan untuk merasa sedih. Sewaktu mereka menyadari kerabat dan teman mereka binasa dan orang-orang yang mereka kasihi musnah dimakan api, rasa sedih pasti akan menimbulkan air mata dan kesedihan bagi umat Tuhan. Tapi sesudah api itu padam, Tuhan akan menghapus air mata mereka. Dia akan lalu menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru bagi umat-Nya, yang akan membawa sukacita besar bagi mereka. Dan penderitaan, kesedihan, ratap tangis, dan dukacita akan lenyap selamanya.

6. Bagaimana pemusnahan malaikat jahat dan orang jahat mempengaruhi Bapa dan Anak? (Yesaya 28:21).

Pasti Mereka akan merasa lega kanker yang disebut dosa lenyap untuk selamanya dan alam semesta menjadi aman. Pasti Mereka juga akan merasa sangat sedih karena begitu banyak yang Mereka kasihi – yang untuk orang-orang itu Sang Anak telah mati – memutuskan untuk terus berbuat dosa dan menolak keselamatan yang gratis itu. Setan sendiri dulunya adalah teman Mereka yang sangat dekat, dan orang-orang di dalam api itu adalah anak-anak Mereka. Bagai perasaan tercabik-cabik melihat anak Anda sendiri dihukum mati. Dosa selama ini menjadi beban yang menekan Bapa dan Anak sejak timbulnya. Tujuan Bapa dan Anak adalah untuk mengasihi manusia dan membawa manusia kepada keselamatan.Perasaan Mereka dinyatakan di Hosea 11:8: “Masakan Aku membiarkan engkau, hai Efraim, menyerahkan engkau, hai Israel? … Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku bangkit serentak.” Yehezkiel 18:31 “Buangkanlah dari padamu segala durhaka yang kamu buat terhadap Aku dan perbaharuilah hatimu dan rohmu! Mengapakah kamu akan mati, hai kaum Israel?”

7. Tubuh seperti apa yang dimiliki Yesus? (Lukas 24:39).

Dia punya tubuh dari daging dan tulang. Sesudah kebangkitan-Nya, Dia muncul di depan murid-murid (Lukas 24:36-43) dan menunjukkan bahwa Dia bukanlah hantu dengan menyatakan bahwa Dia punya daging dan tulang, membiarkan mereka menyentuh kulit-Nya, dan makan sedikit ikan.

Yesus Naik

Dia lalu berjalan bersama mereka ke Betania dan, sambil bercakap-cakap, Dia naik ke langit (Lukas 24:49-51). Malaikat yang muncul di depan murid-murid menjelaskan bahwa “Yesus ini, yang terangkat… meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik.” (Kisah Para Rasul 1:11).

Yesus ini akan Datang Kembali

Penekanan malaikat itu adalah Yesus iniYesus yang ini juga, (yang terdiri atas daging dan tulang) akan datang kembali. Dia akan nyata dengan tubuh padat, bukan seperti hantu, dan umat tebusan yang dibangkitkan dan naik akan punya tubuh seperti Dia (Filipi 3:21; 1 Yohanes 3:2). Tubuh umat tebusan juga akan menjadi tidak dapat binasa dan baka / tidak dapat mati. (1 Korintus 15:51-55).

PERTANYAAN KUIS

Jumlah jawaban yang benar dari tiap pertanyaan terdapat dalam tanda kurung.

Beri tanda √ di atas garis di depan jawaban yang menurut Anda benar.

1. Tandai peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada awal 1000 tahun Wahyu 20: (10)

_ kedatangan Tuhan yang kedua kali.

_ gempa bumi dan hujan batu.

_ orang benar yang sudah mati dibangkitkan.

_ Iblis diikat.

_ orang berdosa yang masih hidup akan mati terbunuh.

_ orang benar diberi kebakaan.

_ kota yang kudus itu turun.

_ orang benar dibawa ke kota yang kudus itu.

_ orang berdosa di kubur tetap mati.

_ orang benar diangkat ke awan-awan.

_ Yesus memasuki kota Yerusalem dengan naik keledai.

2. Semua orang yang masih hidup di bumi akan melihat Tuhan waktu Dia datang untuk kedua kalinya. (1)

_ Benar.

_ Salah.

3. Orang benar akan memiliki tubuh transparan seperti hantu, tubuh roh: (1)

_ Benar.

_ Salah.

4. Yang mana yang benar mengenai masa 1000 tahun: (2)

_ banyak orang berdosa akan bertobat.

_ Setan dan malaikat-malaikat jahat akan terpaksa tinggal di bumi.

_ Setan akan diikat karena tidak ada TV yang bisa ditontonnya.

_ bumi akan cerah dan terang selama masa 1000 tahun.

_ Setan akan membangkitkan orang jahat yang sudah mati supaya dia ada temannya.

_ orang benar akan ada di Kota Yerusalem Baru, ikut berpartisipasi dalam proses Penghakiman.

5. Yang mana yang benar mengenai peristiwa pada akhir masa 1000 tahun: (4)

_ Tuhan akan datang untuk kali yang kelima.

_ kota suci akan turun di daerah Washington, D.C..

_ malaikat suci dan Bapa akan ikut turun ke bumi.

_ orang berdosa dibangkitkan.

_ Tuhan akan datang bersama umat-Nya.

_ Tuhan akan memutuskan tidak akan membangkitkan orang jahat.

_ orang jahat akan dimusnahkan oleh malaikat-malaikat jahat yang marah.

_ Tuhan akan menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru.

_ Tuhan akan mengusir Setan ke ujung alam semesta.

_ Setan akan menghabisi kota yang kudus itu dengan rudal baru yang sangat hebat.

6. Rantai yang mengikat Setan akan: (3)

_ merupakan lambang – sebuah rantai situasi dan kondisi.

_ memaksanya tinggal di bumi.

_ terbuat dari logam yang baru, yang sangat keras.

_ dihancurkan oleh Setan sesudah 24 jam.

_ mencegahnya menjerat umat Tuhan, yang akan aman tinggal di dalam Kota Yerusalem Baru jauh di angkasa luar.

7. Yang mana yang benar tentang “jurang maut”: (2)

_ liang yang sangat besar, di dalam perut bumi.

_ berasal dari kata abyss.

_ artinya planet bumi – gelap, tidak berbentuk, dan kosong.

_ nama lain dari neraka.

8. Yang mana yang benar mengenai kedatangan yang pertama, kedua, dan ketiga Juruselamat manusia: (3)

_ kedatangan yang pertama adalah ke Betlehem sebagai bayi manusia.

_ kedatangan yang pertama adalah di zaman Nabi Nuh.

_ kedatangan yang kedua adalah di zaman Martin Luther.

_ kedatangan yang kedua adalah di awal masa 1000 tahun.

_ kedatangan yang ketiga adalah di akhir masa 1000 tahun.

_ kedatangan yang ketiga terjadi sesudah bumi yang baru diciptakan.

9. Kematian orang berdosa di lautan api adalah kematian yang kedua: (1)

_ Benar.

_ Salah.

_________________________________________________________

Hak cipta © 2004 pada Amazing Facts Inc (untuk edisi lengkap berupa lembaran tercetak dalam bahasa Inggris). All rights reserved. Edisi lembaran tercetak disarankan untuk digunakan hanya bagi kalangan sendiri.

Untuk bimbingan dan pendalaman Alkitab selanjutnya, hubungi GMAHK Cibinong :

Telp : 081365718508, 081315000153, 081382777038

Email : gmahkcibinong@gmail.com