“Yang penting disini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia dan BILANGANNYA IALAH ENAM RATUS ENAM PULUH ENAM” (Wahyu 13: 18).

Selama berabad-abad, guru-guru nubuatan berusaha mengaitkan banyak nama dengan 666. Kaisar Nero adalah pilihan popular pada abad-abad pertama dalam pemikiran Kristen. Hitler tentu saja, adalah karakter yang banyak dihubungkan dengan nubuatan ini. Bahkan sebagian orang mencoba menghubungkan angka ini dengan nama Ellen Gould White meskipun angka 666 ini menuntut agar pribadi yang dihubungkan dengannya adalah seorang “pria.”

Baru-baru ini, pada saran kreatif menghubungkan angka ini dengan nama Ronald Wilson Reagen, karena tiap-tiap namanya terdiri dari enam huruf. Setelah tidak menjadi presiden lagi, dia pindah kerumah kediamannya di Los Angeles. Jelas bahwa numerology telah sangat merisaukannya sehingga dia menyuruh agar alamatnya diubah dari 666 St. Cloud Drive menjadi 668!

Yang baru-baru ini disukai orang-orang adalah klaim bahwa 666 muncul pada beberapa kode produk internasional. Karena ini berhubungan dengan membeli dan menjual ( Why. 13:16, 17), sebagian orang berpikir bahwa itu penting. Namun demikian, sejauh yang saya tahu, belum ada seorang pun yang berbicara tentang mencetak kode ini pada dahi atau tangan.

Seorang warga California berjuang di pengadilan untuk mencegah agar putrinya tidak mendapatkan suatu nomor jaminan sosial tertentu. Karena pasangan itu memiliki nomor jaminan sosial yang terdiri dari Sembilan digit, jika digabungkan jumlahnya adalah 18, yang merupakan total dari 6+6+6! Tentu saja, angka yang Alkitabiah adalah enam ratus eman puluh enam, bukannya enem ditambah enam ditambah enam. Jika kita memperlakukan aturan-aturan sehingga nama-nama bisa cocok, pada akhirnya kita bisa membuat nama apapun cocok dengan 666. Para sarjana Alkitab, ilmuwan, dan serikat buruh semuanya pernah mengemukakan sebagai kandidat antikristus.

Yang lebih serius, selama beabad-abad banyak orang Kristen yang mengalami penganiayaan berat yang berasumsi bahwa mereka sedang mengalami masa kesusahan akhir sebelum Kedatangan Yesus yang kedua kali. Tidak heran, jika mereka bertanya-tanya apakah Stalin, Hitler, ataukah yang lainnya mungkin adalah antikristus zaman akhir. Walaupun mereka mungkin salah dengan beranggapan bahwa mereka lah generasi terakhir, mereka memperoleh keberanian dengan cara memahami prinsip-prinsip lebih luas dari Kitab Wahyu. Dan sesuai dengan kualitas, jika bukannya menurut waktunya, mereka telah mengecap sebagian pergumulan akhir dengan kuasa kejahatan.

Tuhan, aku berdoa supaya spekulasi tidak akan pernah mengalihkan perhatiaanku dari tantangan-tantangan yang disodorkan Kitab Suci dalam kehidupanku. Tolong aku untuk setia kepada kenyataan Firman-Mu.