“Siapakah yang tidak takut, ya Tuhan, dan yang tidak memuliakan nama-Mu? Sebab Engkau saja yang kudus; kerena SEMUA BANGSA AKAN DATANG DAN SUJUD MENYEMBAH ENGKAU, sebab telah nyata kebenaran segala penghakiman-Mu” (Wahyu 15:4).

Dasar untuk penyembahan dalam ayat hari ini adalah penyataan perbuatan besar dan benar oleh Allah. Di akhir sejarah dunia semua orang akan menyaksikan bahwa Allah telah mengakhiri dosa dan penindasan serta membebaskan umat-Nya yang setia. Tindak penyelamatan Allah akan begitu tak terbendung sehingga mereka yang ditebus akan mempersembahkan puja-puji spontan terbaik yang tak pernah terjadi dalam sejarah dunia.

Di Amerika aksi pemujaan terbesar terjadi setahun sekali dalam pertandingan Super Bowl. Peristiwa yang dirayakan secara meluas itu menyita perhatian penuh media setidaknya satu minggu lamanya. Walaupun itu adalah pertandingan olahraga, perhelatan itu memiliki semua kemeriahan sebuah festival keagamaan besar-besaran.

Menyangkut Super Bowl, “komite pemujaan” mencari “gererja” terbesar dan terbaik di negeri untuk menyelenggarakan ajang tersebut. Jutaan orang akan berkumpul dalam kelompok-kelompok kecil di seluruh negeri untuk menonton ritual tersebut di televisi. “Upacara pemujaan” ini begitu popular sehingga orang-orang membayar untuk memperoleh tempat!

Musik pembukaannya meriah, dan setiap detik “upacara pemujaan” ini diatur seperti produksi Hollywood. Ini bukan trik tayangan layar murahan yang membosankan. Malahan, sebagian orang mengatakan bahwa pesan-pesan spesial yang bertebaran di seluruh upacara benar-benar bagian terbaik dari event tersebut. Orang-orang dengan hati-hati mengawasi segala sesuatu dan semua orang, dan praktis tidak seorang pun juga tertidur dalam penyiksaan yang berlangsung hampir empat jam itu.

Suatu “acara kumpul-kumpul “ yang menyenangkan, biasanya menyajikan camilan dan kudapan juga berbagai jenis minuman saat menonton pertandingan, juga orang-orang terkenal bersemangat pada pertemuan-pertemuan seperti itu.

Dan lagi, agaknya tidak seorang pun merasa heran mendapati bahwa mayoritas orang Amerika menyisihkan waktu empat jam penuh untuk merayakan prestasi besar dua tim football. Walaupun perbuatan besar Allah masih belum disadari orang banyak, Alkitab menolong kita di dalam Kristus. Jadi sisihkan camilan dan kudapan perayaan, lalu berikan puja-puji bagi Tuhan!

Tuhan, seberapa sering aku membiarkan pencapaian orang-orang di sekitar membayangi kekaguman yang seharusnya aku miliki terhadap Engkau dan apa telah Engkau perbuat bagiku.