“DAN KESEPULUH TANDUK YANG TELAH KAULIHAT ITU ADALAH SEPULUH RAJA, yang belum mulai memerintah, tetapi satu jam lamanya mereka akan menerima kuasa sebagai raja, bersama-sama dengan binatang itu. MEREKA SEIA SEKATA, KEKUATAN DAN KEKUASAAN MEREKA BERIKAN KEPADA BINATANG ITU “ (Wahyu 17:12,13).

Sebelumnya kita dihadapkan kepada tujuh raja. Sekarang Yohanes menyinggung tentang sepuluh raja! Apa yang sedang terjadi? Sepuluh kerajaaan adalah karakter-karakter zaman akhir tanpa silsilah. Menerima kekuasaan mereka bersama-sama dengan binatang itu pada periode akhir sejarah bumi, mereka eksis pada zaman “raja kedelapan” (Why. 17:11).

Jika binatang itu melambangkan perpaduan kekuatan ekonomi dan politik dunia, maka sepuluh tanduk melambangkan suatu subgrup bangsa-bangsa di dunia. Yang krusialbagi peristiwa-peristiwa terakhir adalah persatuan mendunia terakhir adalah persatuan mendunia dari kekuatan ekonomi dan politik. Agar persatuan itu bisa terjalin, subgroup yang berkuasa ini harus bersepakat. Hanya waktu yang akan mengungkapkan identintas kesepuluh raja. Mereka yang mengamati nubuatan ini dengan cermat, pasti ingin mengantisipasi munculnya suatu pergerakan persatuan dunia atas bangsa-bangsa di dunia, mungkin dalam konteks PBB atau organisasi lain yang sejenis.

Jika ini terjadi dalam waktu singkat, maka dua kandinat utama mengambil peranan sebagaimana diuraikan dalam ayat ini, mungkin adalah NATO dan negara-negara G8. NATO adalah aliansi militer bentukan Amerika Serikat, Kanada dan 24 negara Eropa termasuk Turki. Itu adalah perluasan North Atlantic Treaty yang ditandatangani pada 4 April 1949. Tujuan semula pakta tersebut adalah memberikan imbangan politik dan militer terhadap kekuatan Soviet di Eropa. Dengan runtuhnya komunisme di Soviet, maka NATO telah menjadi kekuatan militer dan politik yang utama di dunia. Persatuan sedunia tidak akan terbentuk tanpa dukungannya.

Di lain pihak, negara-negara G8, lebih merupakan kelompok ekonomi daripada kelompok politik atau militer. Sejak 1975, para pemimpin negara-negara industri utama bertemu secara tahunan untuk membereskan masalah-masalah ekonomi dan politik. Enam negara dalam pertemuan pertama adalah Perancis, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang, dan Italia. Kanada bergabung tahun 1976 dan Rusia tahun 1998. Walaupun di atas kertas NATO jauh lebih berkuasa, namun negara-negara G8 dapat mendominasi NATO.

Seperti apapun kompisisi kesepuluh raja, penyerahan kekuasaan oleh mereka kepada binatang itu telah menimbulkan peperangan melawan Anak Domba (why.17:14). Kabar baiknya adalah bahwa pada akhirnya Anak Domba menang, dan kuasa-kuasa dunia telah dipatahkan.

Tuhan, aku yakin bahwa di dalam hubunganku dengan-Mu aku berada di pihak yang menang memjelang zaman akhir ini.